Monday 13 April 2015

Gua Gong Pacitan, Gaungnya Semakin Mendunia


Pacitan sering disebut dengan julukan Kota 1001 gua. Julukan ini tidaklah berlebihan, karena memang terdapat ribuan gua yang tersebar hampir di seluruh wilayah Pacitan. Dan diantara ribuan gua tersebut yang paling terkenal tentunya Gua Gong, gua yang disebut-sebut terindah se-Asia Tenggara.

Gua Gong, terindah se-Asia Tenggara

Gua Gong memang sudah semakin terkenal, baik oleh wisatawan lokal, nasional bahkan mancanegara.  Tanya saja sama mbah google, sudah banyak situs web berbahasa asing yang mengulasnya, seperti tourism-spot tripadvisor, travel-asiaone, dan tentunya salah satu sponsor lighting Gua Gong yaitu Philips. Tidak mengherankan jika setiap hari libur kawasan wisata Gua Gong selalu ramai dipadati wisatawan. Bahkan saking banyaknya pengunjung, sering terjadi kemacetan di jalur masuk kawasan wisata andalan Pacitan ini.

Lighting Gua Gong sudah menggunakan lampu LED
Keindahan Gua Gong terletak pada ornamen guanya baik stalagtit, stalagmit maupun ornamen gua lainnya. Ornamen Gua Gong bagaikan ukiran-ukiran dengan berbagai bentuk yang indah. Beberapa ornamen bahkan diberi nama sesuai bentuknya diantaranya adalah Sela Giri, Sela Citra Cipta Agung, Sela Pakuan Bomo, Sela Adi Citra Buwana, Sela Bantaran Angin dan Sela Susuh Angin.

Salah satu ornamen Gua Gong dengan beragam bentuk yang indah
Tetes-tetes air yang menetes dari ornamen-ornamen Gua Gong menandakan bahwa ornamen ini “hidup” dan terus tumbuh. Tetesan air yang membasahi ornamen juga menimbulkan efek berkemilau pada ornamen jika tersorot cahaya. Kilauan yang mirip kilau permata dari ornamen yang indah inilah yang membuat Gua Gong bagaikan sebuah istana yang tersembunyi di bawah perut bumi. 

Keindahan Gua Gong bagaikan istana di dalam perut bumi
Tetesan air juga akhirnya mengumpul membentuk danau-danau kecil yang biasa disebut sendang. Ada 5 sendang yang terkenal  yaitu Sendang Jampi Raga, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwa, Sendang Kamulyan, dan Sendang Relung Nista yang dipercaya memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit maupun membuat awet muda.

Salah satu sendang di dalam gua gong, ada yang mempercayainya bisa membuat awet muda
Gua Gong diketemukan pada tahun 1995, tetapi ternyata jauh sebelumnya juga pernah dimasuki oleh orang. Menurut seorang warga setempat, penemuan Gua Gong di tahun 1995 pun berdasarkan kisah dari salah satu kakek warga yang dulunya pernah masuk ke dalam gua. Dari cerita kakek mereka itulah, beberapa warga Dusun Pule Desa Bomo mencari kembali lokasi mulut gua dan akhirnya berhasil menemukannya. 
Penamaan Gua Gong itu sendiri bermula dari seringnya terdengar bunyi-bunyian gamelan Jawa juga terkadang musik pengiring reog yang dominan suara gongnya. Bunyi-bunyian itu berasal dari bukit dimana Gua Gong berada. Sedangkan bukit dimana Gua Gong berada biasa disebut Gunung Gong-Gongan sehingga akhirnya disepakati nama gua adalah Gua Gong.

Stalagtit dan stalagmit yang sudah bertemu membentuk pilar-pilar yang indah
Awal ditemukan, pengunjung jika mau masuk Gua Gong harus membawa senter ataupun lampu petromaks. Biar tidak tersesat dipasang tali sebagai pemandu jalur. Keindahan Gua Gong setelah diketemukan menyebar begitu cepat. Antusias pengunjung begitu tinggi, akhirnya Pemkab Pacitan pun bergerak untuk membangunnya menjadi obyek wisata. Tahun 1996 dibangun fasilitas gua berupa jalan undak-undakan dan aliran listrik untuk penerangan. Secara bertahap fasilitas Gua Gong semakin dilengkapi, area parkir, area pedagang, toilet, penggantian lampu penerangan dengan lampu LED yang lebih ramah lingkungan, dan yang utama perbaikan dan pelebaran  jalan dari jalur utama Pacitan-Solo sampai kawasan wisata Gua Gong.

Pintu masuk Gua Gong di buat dengan desain ornamen gua
Gua Gong juga termasuk salah satu diantara 13 geosite dari Geopark Gunung Sewu untuk geoarea Pacitan. Sebagai salah satu situs geopark, tentunya menambah nilai dari Gua Gong sendiri, karena selain keindahannya, juga ada sisi keilmuannya terutama geologi.
Sebagai gua dengan keindahan berkelas dunia, tarif masuk Gua Gong terhitung sangat murah, hanya 5 ribuan rupiah. Info tarif selengkapnya bisa dibaca tarif retribusi masuk tempat wisata di Pacitan

Pengunjung berpose berlatar ornamen Gua Gong
Untuk menuju Gua Gong bisa diakses dari jalan utama Pacitan-Solo. Sampai di pertigaan barat masjid besar Punung sudah ada papan penunjuk arah menuju Gua Gong, ikuti saja jalan utama dan sekitar 8 Km akan sampai kawasan wisata Gua Gong. 

Nah, anda dianggap belum pernah ke Pacitan jika belum berkunjung ke Gua Gong, Gua terindah se-Asia Tenggara. (@rif)

No comments:

Post a Comment