Tuesday 7 April 2015

Pantai Ngiroboyo Pacitan, Mutiara Hitam Pantai Selatan

Desa Sendang di Kecamatan Donorojo, merupakan salah desa di Pacitan yang mempunyai potensi wisata pantai yang luar biasa. Siapa yang tidak kenal Pantai Klayar? Salah satu pantai di Desa Sendang yang namanya sudah mendunia. Pasir putih, seruling samudera, batu-batu yang membentuk landmark unik, merupakan potensi utama Pantai Klayar yang paling menarik perhatian pengunjung. Tetapi sebenarnya Desa Sendang masih menyimpan potensi pantai unggulan lain, yaitu Pantai Ngiroboyo.

Pantai Ngiroboyo sudah mulai dikembangkan dengan pembangunan yang berkonsep menyatu dengan alam.
Jika kebanyakan pantai salah satu daya tariknya adalah pasirnya yang putih, Pantai Ngiroboyo justru kebalikannya. Salah satu daya tariknya adalah pasir hitamnya yang mendominasi sebagian besar pantai. Ketika terpapar sinar matahari, pasir hitam tersebut nampak berkilauan, apalagi setelah tersapu ombak laut selatan. Tidak berlebihan jika pantai ini diibaratkan bagai mutiara hitam, tidak begitu mencolok, tetapi menyimpan pesona yang luar biasa.

Area pantai yang didominasi pasir hitam.
Pantai Ngiroboyo sendiri lokasinya sebenarnya tidak terlalu jauh dari Pantai Klayar. Dari pertigaan masuk Pantai Klayar, ambil jalan yang lurus dan sekitar setengah kilometer akan ketemu pertigaan dengan penunjuk arah ke Pantai Ngiroboyo. Ikuti terus jalan yang masih berupa jalan makadam, ikuti juga penunjuk arahnya maka akan sampai Pantai Ngiroboyo. Akses menuju pantai ini juga bisa melalui Sungai Maron dengan perahu dari Dusun Maron Desa Dersono (akan diulas dalam postingan tersendiri). Saat ini Pantai Ngiroboyo sudah dikelola oleh Karang Taruna Dusun Sambi Desa Sendang, sehingga pengunjung dikenai tiket masuk. Tetapi jangan khawatir, tiketnya masih sangat terjangkau. Untuk lebih lengkap baca Tarif Retribusi Masuk Tempat Wisata di Pacitan.

Sisi timur Pantai Ngiroboyo merupakan muara dari Sungai Maron, Amazonnya Pacitan.
Di Pantai Ngiroboyo kita bisa memancing, bermain ombak di tepi pantai, tetapi tidak disarankan untuk berenang di pantai karena ombaknya besar. Kita bisa juga mencoba water tubing di muara sungai. Sudah ada penyewaan ban di area pantai bagi yang ingin bermain di sungai. Bagi yang tidak ingin berbasah-basah, bisa bersantai menikmati suasana pantai di gazebo sederhana yang banyak dibangun di tepi pantai.

Gazebo sederhana yang dibangun untuk memanjakan pengunjung bersantai di tepi pantai
Walau masih baru tahap awal pengembangan, tetapi sarana penting sudah ada di Pantai Ngiroboyo ini. Sarana MCK dan air tawar bersih sudah tersedia di area pantai. Warung-warung makan pun sudah banyak berdiri, sehingga bagi pengunjung tidak perlu khawatir walau tidak membawa bekal makan-minum. Harga makanan-minuman di pantai ini masih tergolong murah meriah dan terjangkau.

Salah satu sarana MCK di kawasan pantai
Pantai Ngiroboyo mempunyai tepi berupa dataran yang luas sehingga sangat cocok untuk aktivitas camping, outbound training maupun aktivitas outdoor  lainnya. Pada hari-hari biasa masih lumayan sepi, dan agak ramai di hari-hari libur. Akses termudah ke pantai ini masih tetap menggunakan jalur Punung - Gua Gong - Pantai Klayar. Nah di pertigaan masuk Pantai Klayar, ambil jalan yang lurus dan ikuti petunjuk seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Beragam aktivitas bisa dilakukan pengunjung di Pantai Ngiroboyo
Pantai Ngiroboyo adalah mutiara hitam pantai selatan di Pacitan. Sebagai pengunjung yang baik alangkah bijaknya jika kita ikut menjaga mutiara ini dengan cara sederhana yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya. Apalagi di pantai ini juga sudah disediakan banyak tempat sampah. Nah, jika wisata di Pacitan, belum lengkap jika belum mengunjungi mutiara hitam pantai selatan ini. Ayo wisata di Pacitan saja, ayo menjadi wisatawan yang ramah lingkungan. (@rif)

3 comments:

  1. Jalannya di dusun Sambi desa Sendang masih sangat sulit (rusak beraaaaat) bagi wisatawan luar daerah, terutama yang membawa kendaraan roda empat. Kapan diperbaiki yaaa .... ???

    ReplyDelete
  2. Bs minta ctc person pengelola pantai ngiroboyo n maron mas.penting ,thank

    ReplyDelete
  3. terima kasih gan atas informasinya lumayan bisa jadi referensi tujuan wisata ane berikutnya.
    monggo gan mampir - mampir ke www.pergipedia.com

    ReplyDelete